Insane
HomeBlogAbout
Tags: facebook

10 Tips Tentang Cara Menemukan Berita Palsu Dari Facebook

Kami menentang berita palsu di Facebook - itu menyesatkan orang dan membuat dunia kurang mendapat informasi. Orang-orang tidak ingin melihat berita palsu di Facebook, begitu juga dengan kami. Ini berbahaya bagi komunitas kami dan industri kami.

Ini bukan masalah baru. Setiap teknologi baru membutuhkan solusi baru dan kreatif. Terserah kita semua - dalam teknologi, media, akademisi - untuk melawannya. Kami, di Facebook, bekerja untuk membantu orang membuat keputusan yang lebih tepat ketika mereka menemukan berita palsu.

Hari ini, sebagai bagian dari upaya berkelanjutan kami untuk membantu orang-orang membuat keputusan yang lebih tepat, kami meluncurkan alat pendidikan untuk membantu orang melihat berita palsu. Kami menampilkan alat ini di bagian atas Umpan Berita selama beberapa hari kepada orang-orang di Facebook di 14 negara, termasuk Indonesia, Myanmar, Korea Selatan, Taiwan, dan Filipina.

Saat orang mengeklik alat pendidikan ini di bagian atas Umpan Berita mereka, mereka akan melihat lebih banyak informasi dan sumber daya di Pusat Bantuan Facebook, termasuk tips tentang cara menemukan berita palsu, seperti memeriksa URL situs, menyelidiki sumber dan mencari laporan lain tentang topik ini.

Tips-tips ini dikembangkan dalam kemitraan dengan konsep Pertama, nirlaba yang ditujukan untuk meningkatkan keterampilan dan standar dalam pelaporan dan pembagian informasi secara online.

Kami ingin menghentikan penyebaran berita palsu di Facebook. Pelajari lebih lanjut tentang pekerjaan yang kami lakukan. Saat kami berupaya membatasi penyebaran, berikut beberapa tips tentang apa yang harus diwaspadai:

1. Menjadi Curiga Terhadap Berita Utama. Berita-berita yang salah sering memiliki judul yang menarik dalam semua topik dengan tanda seru. Jika klaim mengejutkan di pokok berita terdengar luar biasa.

2. Perhatikan Baik-baik di URL. URL palsu atau mirip dapat menjadi tanda peringatan berita palsu. Banyak situs berita palsu yang meniru sumber berita otentik atau asli dengan membuat perubahan kecil pada URL. Anda dapat pergi ke situs dan membandingkan URL ke sumber yang ditetapkan.

3. Selidiki Sumbernya. Pastikan bahwa berita tersebut ditulis oleh sumber yang Anda percayai dengan reputasi keakuratan. Jika berita berasal dari organisasi yang tidak dikenal, periksa bagian "Tentang situs itu" mereka untuk mempelajari lebih lanjut.

4. Perhatikan Format yang Tidak Biasa. Banyak situs berita palsu yang salah eja atau tata letak yang aneh. Baca dengan seksama jika Anda melihat tanda-tanda ini.

5. Pertimbangkan Foto. Berita-berita yang salah sering mengandung gambar atau video yang dimanipulasi. Terkadang foto mungkin asli, tetapi diambil di luar konteks. Anda dapat mencari foto atau gambar untuk memverifikasi dari mana asalnya.

6. Periksa Tanggalnya. Berita-berita yang salah mungkin berisi garis waktu yang tidak masuk akal, atau tanggal-tanggal acara yang telah diubah.

7. Periksa Buktinya. Periksa sumber-sumber penulis untuk mengonfirmasi bahwa mereka akurat. Kurangnya bukti atau ketergantungan pada ahli yang tidak disebutkan namanya dapat mengindikasikan berita yang salah.

8. Lihatlah Laporan Lain. Jika tidak ada sumber berita lain yang melaporkan cerita yang sama, itu mungkin menunjukkan bahwa berita itu salah. Jika berita tersebut dilaporkan oleh berbagai sumber yang Anda percayai, kemungkinan besar itu akan menjadi kenyataan.

9. Apakah Berita itu Lelucon? Kadang-kadang berita yang salah bisa sulit dibedakan dari humor atau sindiran. Periksa apakah sumbernya dikenal untuk parodi, dan apakah detail dan nada berita itu menyarankan hal itu mungkin hanya untuk bersenang-senang.

10. Beberapa Berita Secara Sengaja Salah. Pikirkan secara kritis tentang berita yang Anda baca, dan hanya bagikan berita yang Anda ketahui untuk dipercaya.

Back to posts
This post has no comments - be the first one!

UNDER MAINTENANCE